Kapan Ikut Les Ya?

“Balita kita sudah berusia lima tahun bulan depan, tak terasa begitu cepat perkembangan yang kita rasakan. Sudah siap belum ya si kecil kita untuk kita ajak ikut kursus?” Sebagai orang tua tentunya kita tak sabar untuk mengenalkan anak dengan berbagai kerampilan ekstra diluar aktivitasnya. Anda tinggal pilih, mau ikut kursus menari, menggambar, berbagai jenis olahraga atau pun bermain musik.

Namun semua itu haruslah tetap memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Minat anak. Biarkan si kecil memilih kegiatan sesuai minatnya. Ajak dia memilih bersama Anda. Jika perlu ikuti kelas percobaan.
  2. Bisa mengikuti perintah. Apakah si 5 tahun sudah bisa mengikuti perintah orang lain di luar perintah Anda dan guru yang biasa mengajarnya?
  3. Mampu memusatkan perhatian. Apakah selama kursus berlangsung ia dapat memusatkan perhatiannya.
  4. Waktu, lama dan jarak tempat kursus. Apakah waktu kursus bersamaan dengan waktu istirahat si kecil atau terlalu lama sehingga membuatnya lelah? Berapa jauh jarak tempat kursus dengan rumah dan sekolah?

Jika semua sudah oke, Anda boleh berlega hati karena ternyata balita Anda sudah siap untuk mengikuti satu atau lebih kegiatan ekstra yang ada dan bersiaplah untuk memetik aneka manfaatnya. Ada beberapa contoh kegiatan yang bisa diikuti, diantaranya adalah:

  1. Musik
  2. Senam
  3. Sepakbola
  4. Menari
  5. Berenang
  6. Kelas seni dengan berbagai materi untuk dikreasikan seperti melukis, menggambar dst.

Nah, selamat mencoba!